Tags

,

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Kebutuhan kru kapal pesiar internasional cukup tinggi, mencapai 15 ribu orang per tahun, kata Operation Manager CTI Indonesian and Travelling Recruitment Indonesian Matthew Freemantle.

“Kru sebanyak itu untuk memenuhi kebutuhan berbagai perusahaan kapal pesiar internasional seperti Carnival, Royal Carribean, Celebrities, Azamara, Win Stars, dan NCL,” katanya di Yogyakarta, Selasa (4/8).

Menurut dia, untuk memenuhi kebutuhan kru kapal pesiar yang cukup tinggi itu CTI terus melakukan rekrutmen calon tenaga kerja dengan cara jemput bola ke berbagai kota di Indonesia. CTI di Indonesia memiliki tiga kantor yakni Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

“CTI setiap hari melakukan ‘road show’ ke berbagai kota di Indonesia dengan mendatangi sekolah pariwisata dan lembaga pendidikan perhotelan karena kebutuhan kru kapal pesiar yang sangat banyak,” katanya.

Dadang Suherman dari CTI World Wide mengatakan sistem rekrutmen kru yang dipakai CTI mengikuti proses “maritime labour convention” (MLC) atau standar tenaga kerja yang diakui internasional.

“Jadi, kru yang direkrut melalui CTI tidak dikenai biaya agen. Selama ini kru kapal pesiar internasional dari Indonesia yang direkruit melalui agen CTI World Wide sudah lebih dari 30 ribu orang,” katanya.
Menurut dia, persyaratan yang perlu disiapkan calon tenaga kerja kapal pesiar untuk bisa mengikuti seleksi adalah usia minimal 19 tahun (untuk kapal pesiar NCL) batas usia maksimal 36 tahun, memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif dengan baik.

Selain itu, memiliki latar belakang pendidikan di bidang perhotelan setara diploma satu atau memiliki sertifikat pengalaman kerja hotel minimal setahun. Untuk peserta pelatihan hotel cukup enam bulan.
Rekrutmen kru kapal pesiar dilakukan oleh agen resmi penyalur tenaga kerja kapal pesiar internasional CTI World Wide yang berkantor di Miami, Florida, Amerika Serikat.

“CTI World Wide selain melakukan ‘interview recruitment crew’ juga melakukan presentasi tentang peluang kerja di kapal pesiar internasional,” katanya.

Sumber : Antara

Advertisements